Design Prototype Home Wlijo di Figma


Pengertian Prototype

    Definisi umum dari prototype adalah sebuah skema rancangan sistem yang membentuk model dan standar ukuran atau skalabilitas yang akan dikerjakan nantinya. Setiap pengembang maupun pengguna dapat berinteraksi langsung dengan model tersebut tanpa harus membuat produk nyatanya.

 Sistem prototipe yang dibangun, menyesuaikan dengan kebutuhan awal development software untuk mengetahui beberapa fitur dan fungsi yang telah didefinisikan sebelumnya. Sehingga mampu mengetahui kesalahan lebih awal sebelum mengimplementasikan dan merilis produk secara keseluruhan.


Tujuan Penggunaan Prototype

    Lantas, apa tujuan sebenarnya dari pembuatan sebuah prototype? Tujuan utamanya adalah supaya produk yang akan dirilis sesuai dengan permintaan user atau pasar. Sehingga, peran dari prototipe sendiri adalah menjadi penghubung antara produsen dan konsumen untuk dapat mewujudkan produk berupa perangkat lunak yang sesuai dan tepat guna.

    Selain itu, dengan adanya prototipe sendiri mampu menghemat biaya produksi dan tidak memerlukan proses “trial and error”. Sehingga dapat mengurangi waktu pengerjaan dan beban biaya yang harus dikeluarkan oleh tim developer.


Metode Prototyping

Selanjutnya, anda juga harus mengenal tahapan dari metode prototyping yang dilakukan oleh tim desainer.

  • Melakukan pengumpulan informasi dan observasi awal
  • Membuat prototype berdasarkan hasil analisa yang diperoleh
  • Melaksanakan proses evaluasi terhadap prototipe yang berhasil dibuat
  • Melakukan pengujian (testing) terhadap produk prototype yang telah dibuat
  • Melaksanakan pengujian ulang terhadap sistem sebelum masuk pada perilisan prototipe
  • Mengujicobakan sistem prototyping kepada user dan stakeholders terkait

Design Protoype "Home" Wlijo

Design prototype pada halaman home yang saya buat didominasi warna hijau pastel, dimana warna hijau lebih menggambarkan tentang sayur. Untuk promo saya pilih warna kuning pastel sebagai pembeda dan titik fokus user. fitur pada bagian navbar atas berisikan about, jadi mitra, cara kerja wlijo, blog, daftar dan login. Pada navbar selanjutnya terdapat logo, pencarian, lokasi, profil dan keranjang. Dibawahnya terdapat banner wlijo yang dapat bergeser kesamping dan bagian bawah selanjutnya berisikan ikon kategori. Pada bagian paling bawah terdapat promo produk yang disertai button beli.

Kesimpulan

  • Prototype merupakan proses perancangan sistem tampilan desain yang dibuat sebagai contoh untuk mengembangkan produk sebagai gambaran bagi pengguna secara langsung. 
  • Melakukan tahapan metode prototyping secara runtut agar maksimal desain yang dihasilkan.
  • Lebih bijaklah dalam membuat sebuah prototyping dengan menyesuaikan kompleksitas proyek dan lama waktu yang diberikan oleh customer.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Design Prototype Checkout Wlijo di Figma

Cara Membuat Web Server Statis dengan Python

Belajar Cara Kerja Komputer dan Assembler Menggunanakan NASM