Cara Membuat Database di Excel ~ Part 2

  

Apa Sih Itu Database?

                Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi bagian dari paket installasi Microsoft Office. Microsoft Excel ini berfungsi untuk mengolah angka dengan menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah.

            Dapat membuat database pada Excel sangat membantu dalam hal pekerjaan ataupun urusan lainnya. Kata Database sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang berarti basis data. Database merupakan kumpulan informasi yang ada dan disimpan pada komputer. Informasi atau data ini dapat berguna jika digunakan pada masa yang akan datang. Database ini sangat berguna untuk menyimpan suatu informasi pada objek tertentu yang telah diringkas menjadi satu. Database yang akan dibuat ini berisikan suatu informasi. Informasi inilah yang nantinya akan dimasukkan ke dalam sebuah table. Kini, terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat table database agar lebih mudah.

Manfaat Membuat Database di Excel

Database biasa digunakan dalam beberapa hal. Termasuk dalam suatu perusahaan berskala besar ataupun kecil. Ada beberapa fungsi dan manfaat database yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah manfaat database:

  1. Menyimpan data penting
  2. Melakukan efisiensi ruang penyimpanan
  3. Memudahkan proses pencarian data yang dibutuhkan
  4. Bisa melihat data dengan jelas
  5. Memperoleh data yang akurat
  6. Sebagai acuan data promo bisnis

Bagaimana Cara Membuat Database di Excel?

Cara ini merupakan salah satu cara yang bisa dibilang sangat mudah untuk digunakan. Langkah-langkah dari cara ini adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Microsoft Excel yang ada pada laptop atau komputer Anda,
  • Buat New Document dengan tujuan agar tidak tercampur dengan dokumen yang lainnya,
  • Siapkan data yang akan Anda masukkan dan pastikan agar data tersebut sudah benar,
  • Jika data sudah siap, masukkan data ke dalam kolom Excel. Data yang dimasukkan termasuk keterangan data seperti, nomor, nama, dan lain-lain,
  • Jika semua data telah selesai dimasukkan, maka Anda hanya perlu membuat tabelnya,
  • Pembuatan table ini dilakukan dengan cara mem-block semua baris dan kolom yang berisi data yang telah dimasukkan sebelumnya.
  • Setelah itu, klik pada icon menu border,
  • Pada menu border, pilihlah ‘All borders’,
  • Setelah itu, akan muncul garis yang akan membatasi antar kata pada data yang telah dimasukkan,
  • Jika warna table tidak Anda sukai, maka Anda bisa menggantinya sendiri.

Contoh Database Wlijo

Terdapat beberapa perubahan dan penambahan dari database yang kemarin, sebagai berikut :

  • Halaman User Admin yakni Tabel User Admin

  • Halaman Home yakni Tabel Slider/Slideshow

  • Halaman Home yakni Tabel Kategori

  • Halaman Akun yakni Tabel Jenis Akun

  • Halaman Akun yakni Tabel Akun

  • Halaman Persediaan Barang yakni Tabel Stok Barang

  • Halaman Persediaan Barang yakni Tabel Satuan Berat

  • Halaman Persediaan Barang yakni Tabel Persediaan Barang

  • Halaman Profile yakni Tabel  Profile

  • Halaman Akun yakni Tabel Kode Bank

  • Halaman Produk yakni Tabel Diskon 

  • Halaman Produk yakni Tabel Favorit

  • Halaman Produk yakni Tabel Rating

  • Halaman Produk yakni Tabel Produk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Aplikasi Sayurbox.com Dari Sisi Fitur

Cara Membuat Database di Excel

Membuat Halaman Rincian Voucher Wlijo di Next JS