Analisis User Seller Dan Customer Shopee
Langkah-langkah berikut untuk membuka Tokomu dan mulai
berjualan.
1. Buat akun di Shopee > pilih Saya > klik Daftar.
2. Masukkan no. handphone, kemudian lakukan verifikasi
no. handphone dan email. Verifikasi no. handphone wajib Anda lakukan agar
Pembeli bisa menemukan produk yang sudah di-upload.
3. Ubah username Shopee sesuai yang Anda inginkan. Anda
bisa lihat video di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses
pendaftaran akun dan cara mengubah username di Shopee.
4. Lengkapi Profil Toko di Seller Centre atau
aplikasi Shopee.
5. Anda bisa meng-upload produk, mengisi atribut produk
dan deskripsi, menyertakan foto produk, dan memilih jasa kirim. Pastikan produk
yang Anda upload tidak termasuk barang yang dilarang oleh Shopee.
6. Anda juga bisa mengikuti berbagai program di Shopee
untuk mempromosikan toko dan membantu Anda mendapatkan pesanan pertama.
7. Setelah mendapatkan pesanan pertama Anda, Anda bisa
langsung mengemas dan mengirim produk kepada Pembeli.
8. Penarikan uang
1. Log in ke
aplikasi Shopee
2. Klik Saya lalu pilih Toko
Saya
3. Klik Saldo Penjual
4. Klik Penarikan
5. Pilih Rekening Tujuan
6. Masukan Jumlah
Penarikan Dana atau centang Tarik Saldo Saat Ini untuk
menarik semua saldo
7. Klik Konfirmasi
Langkah-langkah membeli di website shopee :
- Buka Website
- Daftar / Login kea kun shopee
- Cari dan temukan produk di shopee
- Beli sekarang
- Transfer uang
- Tunggu barang sampai
Ø Fitur-Fitur Website Shopee
1.
Main Menu
Main menu pada website Shopee terdiri
dari login, bantuan, notifikasi, keranjang belanja, jual, download, ikuti kami,
pencarian, beberapa kategori produk. Ketika salah satu menu di klik maka akan
langsung menampilkan halaman dari menu tersebut, contohnya ketika kita mengklik
menu login maka akan langsung menampilkan halaman login. Hal tersebut
memudahkan pengguna karena ditunjukkan secara langsung halaman dari menu yang
diklik.
2.
Flash Sale Timer
Shopee memiliki fitur penjualan cepat
yang menjual berbagai macam produk dengan diskon besar-besaran, Shopee
menambahkan penghitung waktu mundur untuk flash sale. Hal tersebut digunakan
untuk menunjukkan kepada calon pembeli berapa waktu yang tersisa untuk
pembelian produk flash sale.
3.
Pencarian Produk
Fitur pencarian produk pada Shopee terletak di tengah atas pada main menu, fitur ini digunakan untuk mempermudah calon pembeli dalam mencari produk yang mereka inginkan karena mampu mempersempit pencarian. Fitur pencarian diberikan warna putih dan button pencarian warna oranye, hal tersebut bermanfaat bagi pengguna sehingga mampu membedakan background dengan fitur pencarian.
4.
Keranjang Belanja
Fitur keranjang belanja ditandai dengan ikon keranjang dan terletak di kanan atas pada main menu, hal tersebut memudahkan pengguna untuk mengetahui bahwa ikon tersebut adalah ikon keranjang belanja yang digunakan untuk menyimpan barang – barang yang ingin dibeli, apabila calon pembeli memasukkan produk ke dalam keranjang belanja maka di pojok ikon akan ditambahkan jumlah produk yang dimasukkan ke dalam keranjang belanja.
5.
Representasi Ikon
Representasi ikon yang digunakan Shopee sangat mudah dipahami karena sama dengan objek yang ada di sekitar, seperti ikon facebook, ikon instagram, ikon line, ikon toga, ikon notifikasi, ikon bantuan, ikon user, ikon pencarian, ikon keranjang. Ikon tersebut sudah familiar dan mudah dimengerti oleh pengguna.
6.
Penggunaan Bahasa
Penggunaan bahasa pada Shopee tergantung dimana negara tempat calon pembeli tinggal, seperti di Indonesia maka Shopee akan memberikan akses Shopee Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sehingga calon pembeli merasa nyaman mengakses website Shopee.
7.
Variasi Produk
Ketika calon pembeli ingin memesan atau menambahkan produk yang mereka inginkan ke keranjang, maka mereka akan memikirkan hal yang paling penting selain harga yaitu variasi warna produk. Shopee telah menyediakan fitur variasi warna yang tersedia pada setiap produk sehingga mampu membantu calon pembeli untuk memilih produk dengan warna yang diinginkan.
8.
Konsistensi Warna
Shopee memiliki identitas warna oranye dan putih yang
digunakan di seluruh halamannya, konsisten warna yang dimiliki Shopee membuat
pengguna tidak bingung. Warna putih merupakan warna umum yang digemari pengguna
dan warna oranye mampu menarik perhatian penggunanya.
9.
Pita Produk
Beberapa produk yang ada di Shopee pasti memiliki ciri khas dengan warna pita, contohnya seperti gambar diatas memiliki pita berwarna oranye dengan tulisan “Star Seller” serta tanda centang yang berarti produk tersebut dijual oleh seller yang memiliki apresiasi dari Shopee sebagai seller aktif dan mampu melayani pembeli dengan baik, sedangkan pita berwarna kuning menandakan diskon produk.
10.
Label Produk
Shopee juga menyediakan label untuk beberapa produk seperti label dengan warna merah yang memiliki teks “Mall” yang berarti produk tersebut juga dijual pada shopee mall. Label dengan warna oranye yang memiliki teks “Garansi harga termurah” yang berarti produk tersebut memiliki harga termurah diantara produk yang sama, sedangkan ikon truk berwarna tosca yang berarti produk memberikan pengiriman gratis dengan transaksi minimum.
11.
Stok Produk
Shopee menyediakan fitur stok pada masingmasing produk hal tersebut memberikan kemudahan bagi calon pembeli untuk mengetahui stok produk dan pengguna mampu menambah jumlah produk yang ingin dibeli dengan menekan tombol +.
12.
Checkout
Usability untuk transaksi pada Shopee dimulai dari halaman checkout. Shopee menyediakan halaman checkout ketika pembeli menekan tombol “Beli Sekarang” pada produk yang ingin dia beli, halaman checkout sangat bermanfaat bagi calon pembeli karena berguna untuk mengecek alamat, produk yang dipesan, melihat biaya pengiriman produk dan memilih opsi pembayaran.
13.
Pembayaran
Proses pembayaran di Shopee apabila melalui mobile banking akan mendapatkan nomor akun virtual yang cukup panjang sehingga memungkinkan pengguna mengalami kesalahan dalam mengetik, untuk itu Shopee memberikan pilihan untuk menyalin angka tersebut atau copy sehingga pengguna hanya perlu menyalinnya dan mampu meminimalisir terjadinya kesalahan.
14.
Fitur Bantuan
Shopee menyediakan fitur bantuan yang sangat bermanfaat bagi pengguna jika mereka mengalami kesulitan dalam menggunakan Shopee, Shopee juga menyediakan kategori pertanyaan dan daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh calon pembeli.
15.
Menu Daftar dan Login
Untuk mendaftar Shopee menyediakan kemudahan untuk mendaftar dengan email atau facebook, hal tersebut sangat bermanfaat bagi pengguna dengan memudahkan pendaftaran. Lalu fitur login tersedia login melalui SMS atau facebook yang juga bermanfaat bagi pengguna.
16.
Lupa Password
Fitur lupa password disediakan oleh Shopee agar
memudahkan pengguna jika mereka lupa password akun Shopee. Fitur ini akan
mengatur ulang password dengan mengirimkan kode verifikasi melalui nomor
telepon pengguna
17.
Shopeepay
Fitur layanan pertama yang bisa kamu rasakan
adalah pengisian saldo. Layaknya dompet digital, kamu juga perlu mengisi saldo
dompet digital Shopee untuk bisa bertransaksi ke berbagai merchant. Saldo bisa
diisi hingga maksimal Rp2.000.000. Namun, untuk akun yang telah terverifikasi,
saldo bisa diisi hingga Rp10.000.000.
18.
Voucher Toko
Voucher Toko Saya adalah fitur promosi
di Seller Centre dan aplikasi Shopee yang memungkinkan Anda
mengatur berbagai jenis diskon untuk mendorong pembelian. Anda dapat
membuat Voucher Toko yang berlaku untuk semua produk di toko
Anda atau Voucher Produk yang berlaku hanya untuk produk
tertentu.
19.
Gratis Ongkir
Fitur Promo Ongkir Toko
adalah fitur promosi di halaman Promosi Saya yang memungkinkan
Anda untuk membuat & mengatur ketentuan promo Gratis Ongkir sendiri
untuk toko Anda. Biaya ongkos kirim dalam promo yang dibuat
dengan fitur Promo Ongkir Toko ditanggung
oleh Penjual.
Ø User Interface & User Experience
Adapun masalah–masalah
yang dikeluhkan penggunanya yaitu :
·
adanya kode captcha sehingga membuat proses
pembuatan akun baru terasa
sulit, pada setiap
produk hanya ditampilkan
·
kode warna sehingga
pengguna merasa kesulitan karena tidak semua orang
mengetahui kode warna
·
tampilan website penuh dengan gambar
·
pada website memiliki
pop-up iklan
·
fitur
filter pada website tersembunyi
·
brand
produk pada website
sulit ditemukan
·
tulisan
pada website berukuran
kecil.
Dengan
adanya permasalahan tersebut
peneliti memberikan rekomendasi untuk
memperbaiki masalah website
Shopee yaitu menghapus
kode captcha dalam pembuatan akun, menampilkan warna bukan hanya
kode warnanya pada
semua produk, mengurangi gambar
di setiap halaman
website, mengurangi pop-up iklan, menampilkan fitur filter,
merk diurutkan sesuai abjad, ukuran huruf atau font diperbesar.














Komentar
Posting Komentar